Tentang (Kesiswaan)

VISI KESISWAAN

Menghasilkan peserta didik yang berdisiplin  dan berkomitmen tinggi dalam menuntuit ilmu serta berbudi pekerti luhur dan profesional dalam berkarya.

MISI KESISWAAN

Membentuk peserta didik SMK Negeri 1  Gunungkencana yang:

  1. Tertib, teratur dan terarah dalam menempuh pendidikan.

  2. Tegas dan konsekwen dalam bersikap dan mandiri.

  3. Memiliki wawasan luas dalam berorganisasi, berbangsa dan bernegara.

  4. Trampil dan trengginas dalam pengembangan bakat dan minat untuk terus berprestasi.

  5. Berbudi pekerti luhur dalam bermasyarakat.

  6. Memiliki sikap handarbeni pada diri sendiri, keluarga dan almamaternya.

  7. Memiliki jasmani dan rohani yang sehat dan kuat.

 

 

SEPTIO WAHYU RENANDA, S.Pd (WAKA KESISWAAN)

TUGAS DAN KEWENANGAN

STRUKTUR ORGANISASI KEPESDIKAN SMK NEGERI 1  GUNUNGKENCANA

Tahun pelajaran 

 

  • WAKA KEPESDIKAN
  1. Melakukan koordinasi dan komunikasi tugas langsung dengan Kepala Sekolah
  2. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan semua unit (Kurikulum, Humas, Sarpras, BK, dan Kompetensi Kealhian (KK))
  3. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan semua staf kepesdikan baik secara umum maupun khusus di kompetensi keahlian (kepesdikan KK)
  4. Menyusun dan membuat program kerja kepesdikan
  5. Menyusun rencana anggaran dan belanja kepesdikan untuk setiap periode
  6. Mengadakan alokasi tugas dan tanggung jawab kepada semua staf baik secara umum maupun khusus
  7. Mengadakan koordinasi dan komunikasi dengan orang tua, masyarakat, pihak lain berhubungan dengan tugas dan pelayanan kepesdikan
  8. Mengadakan koordinasi dan evaluasi secara bertahap dan terprogram terhadap pelaksanaan program kerja dengan staf atau pihak terkait
  9. Memberikan pelayanan terhadap semua pihak yang membutuhkan
  10. Berwenang memberikan pendampingan, bimbingan, arahan, instrusi dan evaluasi tugas dan tanggung jawab dengan perangkat kerjanya baik secara umum maupun secara khusus baik secara bersama-sama maupun secara individual
  11. Memastikan kelancaran pelaksanaan tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan program kerja kepesdikan

 

  1. KOORDINATOR ADMINISTRASI KEPESDIKAN
  2. Mengagendakan surat masuk dan surat keluar secara tertib
  3. Melakukan koordinasi dengan pihak terkait yang membutuhkan pelayanan administrasi berkaitan dengan kepesdikan
  4. Memberikan pelayanan administrasi/persuratan kepada staf kepesdikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing
  5. Memberikan pelayanan administrasi persuratan kepada pesdik, orang tua dan masyarakat
  6. Mengendalikan rekap kohord pesdik setiap periode (bulanan)
  7. Mengagendakan rapat koordinasi kepesdikan baik intern maupun ekstern
  8. Berwenang memberikan data keadaan pesdik kepada pihak lain sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan
  9. Berwenang membuat mutasi surat (surat keluar/pidah sekolah)
  10. Berwenang menghapus nama pesdik yang dinyatakan keluar dari daftar pesdik berdasarkan surat keluar setelah melampaui prosedur yang telah ditetapkan

 

  1. BENDAHARA
  2. Melakukan pendataan inventaris kepesdikan
  3. Menyusun dan membuat rencana belanja kepesdikan berdasarkan usulan dan masukan dari staf kepesdikan yang lain
  4. Mengadakan pengendalian dan penyimpanan inventaris kepesdikan
  5. Mengadakan analisa kelayakan inventaris dan membuat usulan pengadaan dan perbaikan inventaris kepesdikan
  6. Berwenang melakukan pengelolaan keuangan kepesdikan secara umum yang meliputi usulan, pemasukan, belanja, pembuatan laporan pertanggung jawaban penggunaan keuangan kepesdikan
  7. Melakukan koordinasi dan komunikasi lebih lanjut dengan pihak terkait dalam pengelolaan keuangan kepesdikan (Bendahara sekolah, Sarpras, staf kepesdikan yang lain)
  8. Memberikan laporan terhadap pengelolaan keuangan kepesdikan kepada atasan langung dan pihak terkait yang membutuhkan
  9. Membuat administrasi dan mendokumentasikan hasil pengelolaan keuangan kepesdikan secara benar dan teliti sesuai dengan ketentuan yang berlaku

 

  1. KOORDINATOR KETERTIBAN PESDIK ( Tubagus Agusnata, STP)
  2. Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan KK dalam pengelolaan ketertiban peserta didik
  3. Membuat tata tertib pesdik bekerja sama dengan KKK melalui kepesdikan KK
  4. Melakukan sosialisasi tata tertib pesdik kepada semua pihak (KK, pesdik, guru dan karyawan, orang tua dan pihak terkait yang membutuhkan)
  5. Melakukan koordinasi dengan KKK, kepesdikan KK/jurusan, dan pihak terkait (BK) dalam menyelenggarakan ketertiban pesdik
  6. Merencanakan dan menyusun progran kedisiplinan dan pembentukan karakter pesdik bersama-sama dengan KKK, Kepesdikan KK
  7. Melaksanakan program pembentukan karakter dengan bekerja sama dengan pihak terkait (KKK dengan Kepesdikan KK, unit lain, pihak luar: TNI/Polisi)
  8. Menyusun alokasi/penjadwalan petugas pelaksanaan ketertiban kepesdikan
  9. Mengadakan monitoring, evaluasi dan melakukan tindak lanjut dalam pelaksanaan program ketertiban pesdik bersama KKK melalui kepesdikan KK
  10. Memberikan pelayanan penyelesaian pesdik bermasalah, bekerja sama KKK melalui kepesdikan kK dengan wali kelas, dan BK serta pihak terkait.
  11. Berwenang mengendalikan kegiatan penegakan disiplin dan pembentukan karakter pesdik sekolah

 

  1. KOORDINATOR UPACARA, APEL
  2. Menyusun dan membuat program kegiatan upacara rutin dan hari besar
  3. Menyusun dan membuat program apel pagi dan dan apel siang pesdik baik secara umum di lapangan besar maupun khusus di setiap KK/jurusan
  4. Membuat alokasi/penjadwalan petugas upacara rutin dan upacara peringatan hari besar untuk pesdik
  5. Mengkondisikan dan memastikan kesiapan fasilitas/perlengkapan yang digunakan dalam kegiatan upacara
  6. Melakukan inventarisasi dan analisis kelayaan fasilitas/perlengkapan yang digunakan dalam kegiatan upacara dan apel
  7. Mengadakan komunikasi dan koordinasi dengan KKK, kepesdikan KK, wali kelas, atau pihak lain untuk kelancaran pelaksanaan upacara dan apel
  8. Melakukan monitoring, evaluasi dan tindak lanjut dalam pelaksanaan upacara dan apel baik secara umum, maupun khusus (upacara hari besar dan apel di KK/jurusan)
  9. Berwenang mengatur jalannya kegiatan upacara dan apel
  10. Berwenang mengkomunikasikan hasil monitoring, evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan upacara dan apel kepada atasan langsung, kepala sekolah dan pihak terkait

 

  1. PEMBINA OSIS
  2. Membimbing dan mendampingi penyusunan dan pembuatan program kegiatan OSIS yang dilakukan oleh OSIS dan stafnya
  3. Mendampingi pelaksanaan program kerja OSIS bekerja sama dengan pihak terkait (pendamping seksi bidang, pendamping ekstra dibawah OSIS)
  4. Melakukan koordinasi, komunikasi dan kerja sama dengan pihak terkait (pendamping sebid, pendamping ekstra, guru/karyawan) atau pihak luar (instansi/lembaga, masyarakat) terkait dalam pelaksanaan program kerja OSIS
  5. Melakukan inventaris dan analisis kelayakan sarana/fasilitas yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan program OSIS
  6. Melakukan bimbingan, pendampingan dan pengecekan administrasi OSIS, dalam persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran kegiatan program kerja OSIS
  7. Berwenang mengatur, membimbing, mendampingi OSIS dan para pengurusnya
  8. Berwenang mengadakan monitoring, evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan program kerja OSIS
  9. Berwenang memberikan informasi tentang kegiatan pesdik berkaitan dengan pelaksanaan program kerja OSIS kepada atasan langsung, kepala sekolah, dan pihak terkait

 

  1. KOORDINATOR EKSTRAKURIKULER (Tubagus Agusnata, STP)
  2. Menyusun dan membuat program kegiatan ekstrakurikuler
  3. Membuat tata tertib dalam kegiatan ekstrakurikuler
  4. Mengadakan koordinasi, komunikasi dan kerja sama dengan pihak terkait baik dari sekolah maupun luar sekolah dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
  5. Mengadakan inventaris dan analisis kebutuhan alat, bahan dan fasilitas lain yang dibutuhkan dalam kegiatan ekstrakurikuler bekerja sama dengan pendamping dan pembimbing ekstrakurikuler
  6. Mendampingi dan menfasilitasi pengadaan kebutuhan alat, bahan dan fasilitas lain yang dibutuhkan dalam kegiatan ekstrakurikuler
  7. Mengadakan komunikasi dengan atasan langsung dalam mengajuan anggaran dan belanja kegiatan esktrakurikuler
  8. Menyiapkan administrasi berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler (angket, buku jurnal, presensi peserta ekstrakurikuler dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan)
  9. Mengadakan monitoring, evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
  10. Berwenang menyelesaikan permasalahan yang muncul dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan tetap memperhatikan musyawarah mufakat

 

  1. KESEHATAN SEKOLAH
  2. Menyusun dan membuat program kegiatan kesehatan sekolah
  3. Membuat peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan protokol kesehatan
  4. Melakukan sosialisasi secara berkelanjutan tentang kesehatan sekolah, new normal di sekolah dan protokol kesehatan
  5. Melakukan pelayanan kesehatan sekolah bagi pesdik, guru, karyawan dan warga sekolah yang lain
  6. Melakukan inventaris dan analisis alat, bahan , dan fasilitas dalam kegiatan pelayanan kesehatan sekolah
  7. Melakukan perencanaan dan mengusulan pengadaan alat, bahan, fasilitas dan obat-obatan yang dibutuhkan dan kepentingan yang lain berkaitan dengan pelayanan kesehatan sekolah kepada pihak terkait (sekolah,lembaga, instansi kesehatan masyarakat, dan pihak terkaita yang langsung berhubungan dengan pelayanan kesehatan dan keselamatan warga sekolah)
  8. Melakukan sosialisasi keadaan new normal dan protokol kesehatan kepada seluruh warga sekolah di sekolah untuk mencegah penyebaran covid 19 di sekolah
  9. Melakukan monitoring, evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan kegiatan di sekolah baikk secara umum dalam kondisi normal maupun masa pandemi sesuai dengan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dan penyebaran covid 19 di sekolah
  10. Melakukan alokasi/penjadwalan terhadap petugas baik dalam keadaan/masa normal maupun new normal dalam satuan tugas dan atau satuan tugas covid 19 (SATGAS COVID 19) di sekolah
  11. Mengadakan koordinasi dan komunikasi dengan pihak terkait untuk memperlancar pelaksanaan kesehatan sekolah
  12. Menyiapkan dan memberikan pelayanan administrasi yang dibutuhkan dalam bidang kesehatan sekolah
  13. Berwenang mengambil keputusan dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah pesdik dan warga sekolah yang lain di bidang pelayanan kesehatan sekolah

 

  • HUMAS
  1. Menyiapkan administrasi kehumasan ( buku tamu, buku pengaduan masyarakat, layanan publikasi informasi)
  2. Mengadakan komunikasi yang baik dengan pihak terkait dan pihak luar
  3. Memberikan pelayanan terhadap pihak lain (tamu dari instansi lain/lembaga/masyarakat) sesuai dengan kebutuhan
  4. Mengarahkan tamu yang berkunjung ke kantor kepesdikan
  5. Mengadakan koordinasi, komunikasi dan kerja sama dengan pihak terkait sesuai dengan kebutuhan kehumasan

 

  • KOORDINATOR PARKIR
  1. Mengarahkan dan mengatur parkir kendaraan pesdik, tamu/masyarakat di tempat yang telah disediakan oleh sekolah di sekolah
  2. Melakukan monitoring, evaluasi dan tindak lanjut berkaitan dengan parkir kendaraan pesdik di secara umum dan khusus (di KK/jurusan)
  3. Melaporkan setiap kejadian khusus yang terjadi di tempat parkir kepada atasan, koordinator kedisiplinan atau pihak terkait (sarpras) sesuai dengan kebutuhan
  4. Membantu dan bekerja sama dengan petugas keamanan untuk kelancaran mobilitas kendaraan di lingkungan sekolah

 

  • TEAM INFORMASI DAN TEKNOLOGI
  1. Melakukan inventaris dan analisis kelayakan fasilitas IT di kepesdikan
  1. Mengkomunikasikan dan mengusulkan pengadaan dan perbaikan layanan IT di kepesdikan
  2. Mencari, mengolah, mempublikasikan dan menyimpan informasi kegiatan sekolah

 

 

  • TEAM KEPESDIKAN KOMPETENSI KEAHLIAN/JURUSAN
  1. Melakukan koordinasi, komunikasi dan kerja sama dengan kepesdikan secara menyuluruh berkaitan dengan kedisiplinan pesdik
  2. Mendampingi, membimbing, dan mengatur pesdik KK masing-masing dalam kegiatan upacara atau apel bersama di lapangan utama bekerja sama dengan team ketertiban pesdik
  3. Mengatur dan menyelenggarakan apel pagi atau siang di KK masing-masing bersama KKK, dan staf KK yang lain
  4. Mendokumentasikan kegiatan kedisiplinan dan apel di KK masing-masing dengan menggunakan administrasi yang disediakan olek kepesdikan
  5. Membimbing dan mendampingi pesdik yang mengalami masalah belajar bekerja sama dengan wali kelas, KKK, dan BK
  6. Menyusun dan menyelenggarakan kegiatan kedisiplinan dan pendidikan kareakter di KK masing-masing
  7. Menyusun dan membuat aturan KK yang dibutuhkan di KK masing-masing dengan tidak bertentangan dengan tata tertib pesdik di sekolah
  8. Mengadakan monitoring, evaluasi dan tindak lanjut terhadap kegiatan kedisiplinan dan pendidikan karakter di KK masing-masing
  9. Berwenang memberikan sanksi kepada pesdik di KK masing-masing dengan tetap memperhatikan dan

mengarahkan pada pembentukan karakter dan kedisiplinan pesdik

 

SASARAN MUTU UNIT KERJA KEPESERTADIDIKAN

SMK NEGERI 1  GUNUNGKENCANA TAHUN PELAJARAN 2020-2021

 

Sesuai dengan motto kebijakan mutu SMK Negeri I  Gunungkencana “ Today must be better than yesterday “, maka unit kerja kepesdikan  SMK Negeri I  Gunungkencana senantiasa berusaha untuk meningkatkan kinerjanya untuk meningkatkan prestasi kerja yang lebih baik dengan prinsip  “Memperbaiki setiap kesalahan, menghilangkan segala kelemahan/ kekurangan dan mempertahankan serta menyempurnakan segala kebaikan/ keberhasilan “ .

Sasaran yang diinginkan adalah :

  1. Jumlah peserta didik yang bermasalah dalam mengikuti pendidikan maksimal 9 %.
  2. Tingkat pelanggaran disiplin peserta didik maksimal 9 %
  3. Tingkat Keikutsertaan peserta didik dalam berorganisasi, olah raga, dan ketrampilan lain yang bermanfaat minimal 25 %.
  4. Prestasi peserta didik di berbagai bidang akademik maupun kegiatan kepesdikan lainnya minimal 10 % .
  5. Animo pendaftar baru / peserta didik baru pada SMK Negeri  Gunungkencana minimal 800 orang.
  6. Memberikan kepuasan pelanggan ( peserta didik ) pada level minimal 3,6 ( dari skala    0 – 5 ).
  7. Memberikan kepuasan pelanggan ( masyarakat ) pada level minimal 3,4 (dari skala 0-5 ).