BKK ( Bursa Kerja Khusus)

 

BAB I

PENDAHULAN

 

 

  1. Latar belakang

Bursa Kerja Khusus adalah unit pelaksana teknis yang memberikan informasi tentang lapangan kerja serta mempertemukan antara pemberi kerja dengan pencari kerja agar mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja/industri

Bursa kerja khusus SMKN 1 GUNUNGKENCANA. Yang beralamatkan di Jalan Raya Raya Gunungkencana Malingping Km 13  Kode Pos. 42354 Cimanyangray E-mail : smkn1gnk@gmail.comWeb: www.smkn1gunungkencana.sch.id Kec.Gunungkencana Kab. Lebak, bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dan lembaga out  sourching dalam memberikan informasi kerja kepada siswa dan alumni.

SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA menjadikan Bursa Kerja Khusus sebagai strategi yang efektif dalam mewujudkan besarnya keserapan Tamatan di Dunia Kerja. Tujuan Pembelajaran di SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA salah satu diantaranya adalah menyiapkan Siswa untuk memasuki lapangan kerja dan untuk mengembangkan sikap profesionalisme pada bidang keahliannya ( pasal 3 ayat 2 PP No. 29 tahun 1990 ). Perjanjian kerja sama antara Departemen Pendidikan Nasional dengan Departemen tenaga Kerja No. 076/U/1993 dan Kep-215/MEN/1993 tentang Pembentukan Bursa Kerja Khusus di Satuan Pendidikan Menengah dan Tinggi dan Keputusan Direktur JendralPembinaan SMK dan Pembinaan Tenaga Kerja Dalam Negeri Nomor Kep. 49/DPPTKDN/2003 Tentang Petunjuk Teknis Bursa Kerja Khusus.

Bursa KerjaKhusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di Sekolah sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja. BKK merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja danTransmigrasi.  Disamping itu BKK merupakan lembaga pelaksana penempatan tenaga kerja yang mengikuti system antar kerja secara legal, yang menjembatani pencari kerja dengan dunia usaha/kerja dan menjalin kerjasama antara lembaga pendidikan formal dengan dunia usaha/industry sebagai pengguna tenaga kerja yang siap pakai diseluruh Indonesia.

 

  1. Dasar Pemikiran

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai subsuitem pendidikan nasional yang bertanggung jawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang handal, berorientasi kepada kebutuhan pasar harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan – kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja.

BKK SMK merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK, karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja. Pemberdayaan BKK SMK merupakan salah satu fungsi dalam manajemen sekolah yaitu sebagai bagian pembinaan terhadap proses pelaksanaan kegiatan BKK SMK yang telah direncanakan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan SMK.

BKK SMK merupakan salah satu komponen pelaksanaan pendidikan system ganda, karena tidak mungkin bisa dilaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada kompetensi jika tidak ada pasangan industri/usahakerja, sebagai lingkungan kerja di mana siswa belajar keahlian dan professional serta etos kerja sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

 

  1. Dasar Hukum

Adapun allternatif pelayanan Bursa Kerja Khusus SMK didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, antara lain sebagai berikut :

  1. Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional ;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah ;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;
  4. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kopetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
  5. pasal 3 ayat 2 PP No. 29 tahun 1990, Perjanjiann kerja sama antara Departemen Pendidikan Nasional dengan Departemen tenaga Kerja No. 076/U/1993 dan Kep-215/MEN/1993 tentang Pembentukan Bursa Kerja Khusus di Satuan Pendidikan Menengah dan Tinggi;
  6. Keputusan Direktur JendralPembinaan SMK dan Pembinaan Tenaga Kerja Dalam Negeri Nomor Kep. 49/DPPTKDN/2003 Tentang Petunjuk Teknis Bursa Kerja Khusus

 

 

  1. Kelayakan
  2. Potensi SMK Negeri 1 Gunungkencana

SMK NEGERI 1 Gunungkencana yang beralamatkan di Jalan Raya Raya Gunungkencana Malingping Km 13  Kode Pos. 42354 Cimanyangray memiliki aspek yang mendukung terhadap penyelenggaraan pendidikan. pendidikan yang berjalan saat ini adalah pendidikan formal yaitu SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), masyarakat Kabupaten Lebak khususnya Kecamatan Mandalawangi dan sekitarnya merasa terbantu dalam hal pemenuhan pendidikan untuk putra dan putri mereka, sehingga kepercayaan masyarakat terus meningkat teradap pendidikan yang sedang bejalan. Kepercayaan masyarakat merupakan hal penting terhadap kelangsungan aktifitas pendidikan di SMK Negeri 1 Gunungkencana.

Sesuai dengan Rencana Strategis (RENSTRA) Pemerintah Kabupaten Lebak dan Pemda Provinsi Banten, bahwa Kabupaten Lebak sangat strategis dijadikan daerah pendidikan. Adapun informasi lebih lanjut mengenai SMK Negeri 1 Gunungkencana bisa di laihat di Profile SMK Negeri 1 Gunungkencana.

 

  1. Aset dan Fasilitas BKK SMK Negeri 1 Gunungkencana

Aset dan fasilitas yang dimiliki oleh BKK SMK Negeri 1 Gunungkencana tersaji dalam tabel berikut.

No Nama Aset Volume Jumlah Keterangan
1 Ruang / Kantor BKK 4 x 3,5 m 1 SMK Negeri 1 Gunungkencana
2 Perlengkapan Kantor BKK
  a.       Kursi Ketua BKK   1 Terpakai
b.      Meja Kepala BKK   1 Terpakai
c.       Kursi Sekertaris BKK   1 Terpakai
d.      Meja Sekertaris BKK   1 Terpakai
e.       Kursi Bendahara BKK   1 Terpakai
f.       Meja Bendahara BKK   1 Terpakai
g.       Kursi Tamu   1 Terpakai
h.      Meja Tamu   1 Terpakai
i.        White Board   1 Terpakai
j.        Komputer/ leptop   1 Terpakai
k.      Printer   1 Terpakai
l.        Rak Buku   1 Terpakai
m.    Lemari Arsip   1 Terpakai
n.      Papan Informasi   1 Terpakai
o.      Papan Struktur Organisasi   1 Terpakai
p.      Papan Informasi Penyaluran Lulusan   1 Terpakai
q.      Papan Informasi daftar Prusahaan yang telah MoU.   1 Terpakai

 

 

 

 

 

BAB II

TUJUAN, RUANG LINGKUP, PENYALURAN DAN KEGIATAN

 

 

  1. Tujuan
  2. Sebagai wadah dalam mempertemukan tamatan dengan pencari kerja.
  3. Memberikan layanan kepada tamatan sesuai dengan tugas dan fungsi masing – masing seksi yang ada dalam BKK.
  4. Sebagai wadah dalam pelatihan tamatan yang sesuai dengan permintaan pencari kerja
  5. Sebagai wadah untuk menanamkan jiwa wirausaha bagi tamatan melalui pelatihan.

 

  1. Ruang Lingkup Kegiatan
  2. Penyusunan database siswa lulusan SMK pencari kerja dan perusahaan pencari tenaga kerja dan penelusuran tamatan siswa SMK.
  3. Menjaring informasi tentang pasar kerja melalui iklan di media massa, internet, kunjungan kedunia usaha (industri) maupun kerjasama dengan lembaga penyalur tenaga kerja dan Depnakertrans.
  4. Membuat leafletinformasi dan pemasaran lulusan SMK yang dikirim keduniausaha/industri yang terkait Depnakertrans.
  5. Penyaluran calon tenaga kerjalulusan SMK kedunia usaha dan industri.
  6. Melakukan proses tindak lanjut hasil pengiriman dan penempatan tenaga kerja melalui kegiatan penjajakan dan verifikasi.
  7. Mengadakan program pelatihan ketrampilan tambahan/khusus bagi siswa dan lulusan SMK disesuaikan dengan bidang keahlian yang diperlukan.
  8. Mengadakan program bimbingan menghadapi tahapan proses penerimaan siswa dalam suatu pekerjaan (wawancara, psikotest).
  9. Memberikan informasi kepada para ALUMNI ataupun para lulusan SMK lain yang membutuhkan informasi tentang lowongan kerja.

 

  1. Penyaluran Dan Penempatan Tamatan
  2. Adapun pelaksanaan penyaluran dan penempatan tamatan yang dapat dilakukan BKK SMK adalah sebagai berikut :
  3. Menindak lanjuti kerja sama dengan industri pasangan yang telah menjadi mitra kerja dengan BKK sekolah.
  4. Melakukan penelusuran alumni dan dimasukkan kedalam database
  5. Merangkul pengurus Majelis Sekolah yang peduli dengan penempatan tenaga kerja dari alumni.
  6. Membuat website khusus BKK yang selalu up to date yang dapat di link dengan situs-situs JOB CARRIER.
  7. Menanamkan jiwa enterpreunership kepada siswa melalui pelatihan ketrampilan untuk menjadi seorang wirausaha (enterpreuneur).

 

  1. Kegiatan Bursa Kerja Khusus
  2. Mengadakan pertemuan dengan Kajur tentang penempatan siswa – siswi Prakerin (Praktik Kerja Industri)
  3. Mengadakan koordinasi dengan panitia Prakerin tentang penempatan siswa – siswi prakerin.
  4. Mengadakan koordinasi dengan panitia Prakerin tentang guru monitoring.
  5. Melakukan proses negosiasi dengan DU/DI dan pemerintah sebagai mitra dalam penempatan siswa – siswi prakerin.
  6. Menjalin kerjasama (MOU) dengan DU/DI
  7. Sinkronisasi Kurikulum sekolah dan kurikulum industri
  8. Pelatihan dan Penempatan tamatan
  9. Pemetaan DU/DI
  10. Menjalin kerjasama dengan Dinas Sosnakertrans tentang pelatihan (Magang) dan penempatan tamatan.
  11. Membentuk Majelis Sekolah BKK se-Kabupaten Lebak
  12. Membuat database penelusuran tamatan baik yang sudah bekerja maupun belum bekerja.
  13. Membentuk Ikatan Alumni.
  14. Membuat mading informasi lowongan kerja.
  15. Membuat website khusus BKK
  16. Membuat Laporan Kegiatan BKK
  17. Monitoring dan Evaluasi kegiatan secara periodic

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PROFILE BKK SMK NEGERI 1 GUNUNGKENCANA

 

 

  1. Profile

Bursa Kerja Khusus (BKK) “SMK Negeri 1 Gunungkencana” SMK Negeri 1 Gunungkencana yang didirikan tahun 2021  merupakan bagian penting dari sistem pendidikan di SMK khususnya dalam usaha menyalurkan lulusan/alumni untuk bekerja di dunia usaha dan dunia industri. Mengingat persaingan dalam segala bidang sangatlah ketat diantaranya Sumber Daya Manusia (SDM) dan tenaga kerja, maka dari itu sekolah tidak hanya menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan memiliki kompetensi untuk bersaing di dunia usaha dan dunia industri, tetapi sekolah juga dituntut untuk mampu menyalurkan lulusannya ke dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) atau instansi yang membutuhkan.

Dalam usaha membantu/menyalurkan lulusan tersebut kami sangat membutuhkan kerjasama yang baik dengan semua pihak terutama instansi terkait baik berupa mitra BKK/outsourcing maupun industri (perusahaan_ yang ada)

 

Profil Sekolah;

 

1. Identitas Sekolah
1 Nama Sekolah : SMKN 1 GUNUNG KENCANA
2 NPSN : 20616539
3 Jenjang Pendidikan : SMK
4 Status Sekolah : Negeri
5 Alamat Sekolah : JL.RAYA GUNUNGKENCANA – MALINGPING KM.13
RT / RW : 2 / 4
Kode Pos : 42354
Kelurahan : Cimanyangray
Kecamatan : Kec. Gunung kencana
Kabupaten/Kota : Kab. Lebak
Provinsi : Prov. Banten
Negara : Indonesia
6 Posisi Geografis : -6.6641 Lintang
106.0642 Bujur
3. Data Pelengkap              
7 SK Pendirian Sekolah : 420
8 Tanggal SK Pendirian : 2011-04-15
9 Status Kepemilikan : Pemerintah Daerah
10 SK Izin Operasional : 420/Kpe.120/Disdik/2011
11 Tgl SK Izin Operasional : 2011-04-15
12 Kebutuhan Khusus Dilayani :  
13 Nomor Rekening : 0891000073
14 Nama Bank : BPD BANTEN…
15 Cabang KCP/Unit : BANK PEMBANGUNAN DAERAH BANTEN CABANG MALINGPING…
16 Rekening Atas Nama : SMKN1GUNUNGKENCANA…
17 MBS : Tidak
18 Memungut Iuran : Tidak
19 Nominal/siswa : 0
20 Nama Wajib Pajak : SMKN 1 GUNUNGKENCANA
21 NPWP : 300824505419000
3. Kontak Sekolah
20 Nomor Telepon : 02525605494
21 Nomor Fax : 0252
22 Email : smkn1gnk@gmail.com
23 Website : http://https://www.smkn1gunungkencana.sch.id
4. Data Periodik
24 Waktu Penyelenggaraan : Sehari Penuh/5 hari
25 Bersedia Menerima Bos? : Ya
26 Sertifikasi ISO : Belum Bersertifikat
27 Sumber Listrik : PLN
28 Daya Listrik (watt) : 3500
29 Akses Internet : Telkom Speedy
30 Akses Internet Alternatif : Telkomsel Flash
5. Sanitasi
Sustainable Development Goals (SDG)
31 Sumber air : Ledeng/PAM
32 Sumber air minum : Tidak Ada
33 Kecukupan air bersih : Cukup sepanjang waktu
34 Sekolah menyediakan jamban yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung untuk digunakan oleh siswa berkebutuhan khusus : Tidak
35 Tipe jamban : Leher angsa (toilet duduk/jongkok)
36 Sekolah menyediakan pembalut cadangan : Tidak ada
37 Jumlah hari dalam seminggu siswa mengikuti kegiatan cuci tangan berkelompok : Tidak pernah
38 Jumlah tempat cuci tangan : 8
39 Jumlah tempat cuci tangan rusak : 0
40 Apakah sabun dan air mengalir pada tempat cuci tangan : Tidak
41 Sekolah memiiki saluran pembuangan air limbah dari jamban : Ada saluran pembuangan air limbah ke tangki septik atau IPAL
42 Sekolah pernah menguras tangki septik dalam 3 hingga 5 tahun terakhir dengan truk/motor sedot tinja : Tidak/Tidak tahu
Stratifikasi UKS :  
43 Sekolah memiliki selokan untuk menghindari genangan air : Tidak
44 Sekolah menyediakan tempat sampah di setiap ruang kelas (Sesuai permendikbud tentang standar sarpras) : Ya
45 Sekolah menyediakan tempat sampah tertutup di setiap unit jamban perempuan : Ya
46 Sekolah menyediakan cermin di setiap unit jamban perempuan : Tidak
47 Sekolah memiliki tempat pembuangan sampah sementara (TPS) yang tertutup : Tidak
48 Sampah dari tempat pembuangan sampah sementara diangkut secara rutin : Ya
49 Ada perencanaan dan penganggaran untuk kegiatan pemeliharaan dan perawatan sanitasi sekolah : Ya
50 Ada kegiatan rutin untuk melibatkan siswa untuk memelihara dan merawat fasilitas sanitasi di sekolah : Tidak
51 Ada kemitraan dengan pihak luar untuk sanitasi sekolah :   Ada, dengan pemerintah daerah
  Ada, dengan perusahaan swasta
Ada, dengan puskesmas
  Ada, dengan lembaga non-pemerintah
52 Jumlah jamban dapat digunakan : Jamban laki-laki Jamban perempuan Jamban bersama
4 4 2
53 Jumlah jamban tidak dapat digunakan : Jamban laki-laki Jamban perempuan Jamban bersama
2 1 2
Sekolah memiliki kegiatan dan media komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) tentang sanitasi sekolah
  Variabel Kegiatan dan Media Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE)
Guru Ruang Kelas Toilet Selasar Ruang UKS Kantin
53 Cuci tangan pakai sabun
54 Kebersihan dan kesehatan
55 Pemeliharaan dan perawatan toilet
56 Keamanan pangan
57 Ayo minum air        

 

 

 

 

 

 

  1. Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya Bursa Kerja Khusus (BKK) yang unggul dalam pelayanan di bidang ketenaga kerjaan.

Misi

  • Mendorong perluasan kesempatan kerja dan penempatan kerja bagi tamatan SMK Negeri 1 Gunungkencana
  • Memfasilitasi pemenuhian kebutuhan tenaga kerja terampil dan kompeten bagi industri
  • Meningkatkan pelayanan kepada peserta didik maupun tamatan SMK Negeri 1 Gunungkencana
  • Mengembangkan sistem informasi ketenagakerjaan melalui pemanfaatan teknologi informasi

 

  1. Susunan kepengurusan BKK SMK Negeri 1 Gunungkencana

Adapun susunan kepengurusan BKK SMK Negeri 1 Gunungkencana, sesuai dengan Truktur Organisasi BKK yang terdapat pada BAB II diatas.

Pelindung                        : Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Pembina/

Penanggung Jawab        : RISWAN RISTIAWANDI, S.Pd.M.Pd

Ketua                                : RIDWAN SUMARDI, S.Pd

Sekretaris                         : MANSUR, S.Pd

Bendahara                       : ULFA DESTIANA, S.Pd

 

 

Anggota                :

  1. Informasi Pasar Kerja dan Pendaftaran Pencarian Kerja
  2. DEWI TIA AGUSTINE, S.Pd
  3. UJANG JAI, S.Pd.I
  4. BUSTOMI ADAM, S.Pd
  5. JAHADI, S.Pd

 

  1. Bimbingan, penyuluhan, Analisis dan Seleksi serta penempatan Pencari Kerja
  2. SEPTIO WAHYU RENANDA, S.Pd
  3. ENDANG SURYANA, S.T
  4. IDA WIDIYAWATI, S.Kom
  1. Struktur Organisasi BKK

 

 

 

 

 

 

STRUKTUR ORGANISASI BURSA KERJA KHUSUS (BKK)

SMKN 1 GUNUNGKENCANA

TAHUN 2020/2021

 

Informasi Pasar Kerja dan Pendaftaran Pencarian Kerja

 

1.       DEWI TIA AGUSTINE, S.Pd

2.       UJANG JAI, S.Pd.I

3.       BUSTOMI ADAM, S.Pd

4.       JAHADI, S.Pd

 

PENANGGUNG JAWAB

RISWAN RISTIAWANDI, S.Pd.M.Pd

NIP.198105 0012 201001 1

 

RISWAN RISTIAWANDI, S.Pd.M.Pd

 

KETUA

RIDWAN SUMARDI, S.Pd

(WAKA HUMAS)

BENDAHARA

ULFA DESTIANA S.Pd

SEKRETARIS

MANSUR, S.Pd

PETUGAS LAYANAN BKK

 

Bimbingan, penyuluhan, Analisis dan Seleksi serta penempatan Pencari Kerja

 

1.       SEPTIO WAHYU RENANDA, S.Pd

2.       ENDANG SURYANA, S.T

3.       IDA WIDIYAWATI, S.Kom

 

 

  1. Uraian Tugas dan Fungsi BKK
  2. Ketua BKK
  3. Mengkordinasikan semua kegiatan BKK dengan Kepala Sekolah dan Ketua Jurusan
  4. Mengotrol kegiatan BKK pada setiap seleksi
  5. Mengatur pelaksanaan rapat koordinasi bulanan dan tahunan
  6. Bekerjasama dengan Waka HUBN untuk menjalin huubungan dengan BLK dan Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam rangka pelaksanaan rekrutmen
  7. Membantu petugas wawancara dalam penyeleksian tenaga kerja
  8. Mengambil tindakan terhadap permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan program BKK
  9. Bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan program BKK
  10. Petugas Informasi Pasar Kerja
  11. Mencari informasi yang relevan dengan Dunia BIsnis dan Manajemen melalui media masssa dan internet
  12. Mempublikasikan informasi kerja kepada alumni melalui bursa kerja sekolah (madding karir dan web site sekolah)
  13. Bekerjasama dengan petugas pendaftaran untuk memenuhi permintaan tenaga kerja dari user menyampaikan kepada para pencari kerja yang terdaftarb sesuai dengan syarat kerja yang diminta
  14. Bekerjasamaa dengan alumni yang telah bekerja untuk pemasaran tenaga kerja
  15. Bekerja dengan komite dalam pencarian lowongan kerja
  16. Petugas Pendaftaran
  17. Mendata alumni SMK Negeri 1 Gunungkencana lima tahun terakhir
  18. Mendata pencari kerja dan mendaftarkannya kedisnaker Jakarta PUsat untuk dibuatkan kartu kuning
  19. Mendata siswa yang akan mengikuti pelatihan di BLK
  20. Mendata alumni SMK Negeri 1 Gunungkencana yang telah tamat lebih dari lima tahun sebagai anggota alumni SMK Negeri 1 Gunungkencana
  21. Menghubungii alumni SMK Negeri 1 Gunungkencana yang membutuhkan penyuluhan dan bimbingan jabatan
  22. Petugas Pendaftaran Lowongan Kerja
  23. Bekerja dengan ketua untuk menjalin hubungan dengan Dunia Usaha dan Industri dalam rangka pelaksanaan rekrutmen
  24. Menindaklanjuti hubungan kerjasama dengan perusahaan baru yang meminta tenaga kerja lulusan SMK Negeri 1 Gunungkencana untuk dibuatkan Mou
  25. Membuat jalinan kerjasama dengan BLK dan Depnaker
  26. Menjalin jaringan (DUDI) baru dalam maupun luar negeri dan menjalin hubungan kerjasama untuk pengisian lowongan kerja di DUDI
  27. Petugas Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan
  28. Bekerja sama dengan Ketua Jurusan dalam pelaksanaan bimbingan jabatan
  29. Menyusun kurikulum pembinaan penyuluhan dan bimbingan jabatan sesuai dengan jurusan masing-masing
  30. Mendatangkan guru tamu dalam pelaksanaan bimbingan belajar
  31. Menyusun warta khusus dalam Pelaksanaan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan
  32. Memberikan pelayanan bagi siswa dan alumni yang membutuhkan bimbingan jabatan
  33. Menyiapkan kegiatan 16 on the road ke SMP untuk pemasaran  SMK Negeri 1 Gunungkencana
  34. Petugas Wawancara/Seleksi Pencari Kerja
  35. Membuat teknis penyeleksian yang disesuaikan dengan teknis penyesuaian didunia kerja
  36. Bekerja sama dengan ketua dalam melaksanakan tahap penyeleksian tenaga kerja
  37. Melaksanakan feed and Propertest dengan pencari pekerja dalam penempatan tenaga kerja yang telah menyelesaikann tahap penyelesaian
  38. Petugas Penyaluran dan Penempatan  Tenaga Kerja
  39. Bekerja dengan petugas Pendaftaran LOwongan Kerja dalam membuat jaringan baru dengan DUDI
  40. Mengantar dan memantau tenaga kerja alumni untuk ditempatkan diperusahaan permintaan tenaga kerja
  41. Menyalurkan tenaga kerja yang tersedia keperusahan yang belum ada kerjasamanya dengan sekolah
  42. Petugas Administrasi
  43. Membantu alumni pencari kerja dalam urusan administrasi
  44. Membantu Petugas Pendaftaran Lowongan Kerja dalam pembuatan Mou
  45. Menyediakan surat menyurat untuk keperluan BKK
  46. Membuat leafet SMK Negeri 1 Gunungkencana

 

  1. Penelusuran Lulusan

 

 

 

 

  1. Daya serap dunia kerja/intansi terhadap lulusan SMK Negeri 1 Gunungkencana

 

No Tahun Jumlah Bekerja wiraswasta melanjutkan
3 2017/2018 76 22 52 2
4 2018/2019 79 30 46 3
5 2019/2020 82 34 46 2

 

  1. Daftar MoU Perusahaan
NO NAMA PERUSAHAAN BULAN KETERANGAN
1 PT Restu Mahkota Karya ( Cilegon)

Jalan raya Serang –Cilegon Km 01 Cibeber Prov Banten

Oktober  
2 MITSUBISI

Jalan Raya Simpang Binuangeun No 89 Sukamanah Malingping Kab Lebak

Oktober  
3 PT POS KCP Gunungkencana Oktober  
4 Korwil Pendidikan & Kebudayaan Kec. Gunungkencana

Jl. Raya Gunungkencana – Bojong Manik

Oktober  
5 Pt Etika Jayadi Makmur

Jl. Jendral A.Yani Km 5 Rangkasbitung kaduagung Kab. lebak

Oktober  

 

  1. DAFTAR PERUSAHAAN YANG AKAN DITINDAK LANJUTI
NO NAMA PERUSAHAAN BULAN KETERANGAN
1 PT Restu Mahkota Karya ( Cilegon)

Jalan raya Serang –Cilegon Km 01 Cibeber Prov Banten

Oktober Teknik Kendaraan Ringan
2 MITSUBISI

Jalan Raya Simpang Binuangeun No 89 Sukamanah Malingping Kab Lebak

Oktober Teknik Kendaraan Ringan
3 PT POS KCP Gunungkencana Oktober Akuntansi Keuangan Lembaga
4 Korwil Pendidikan & Kebudayaan Kec. Gunungkencana

Jl. Raya Gunungkencana – Bojong Manik

Oktober Akuntansi Keuangan Lembaga
5 Pt Etika Jayadi Makmur

Jl. Jendral A.Yani Km 5 Rangkasbitung kaduagung Kab. lebak

Oktober Akuntansi Keuangan Lembaga

 

 

  1. Program kerja BKK SMK Negeri 1 Gunungkencana Tahun pelajaran 2019 – 2021

 

No JENIS KEGIATAN TUJUAN INDIKATOR KEBERHASILAN SARANA PENANGGUNG JAWAB PELAKSANA PELAKSANAAN BULAN KE: KET
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1 Pendataan dunia usaha / dunia industri baik untuk penempatan kerja dalam negeri dan luar negeri Mengetahui perusahaan yang memungkinkan menjalin kerja sama Terkumpulnya data perusahaan yang sesuai dengan bidang usaha dan kontak person HRD / Personalia Internet , instansi yang terkait / DUDI Waka KIPHUM & Koord. BKK Koord. dan Pengurus BKK Menyesuaikan
2 Pendataan dan Pembuatan data base canaker tamatan TA 2015/2016 Mengetahui canaker / tamatan yang belum bekerja Adanya Data base tamatan yang belum bekerja . Blangko pendaftaran , Blangko biodata alumni Koord. BKK Koord. dan Pengurus BKK Menyesuaikan
3 Proses rekruitmen kerja Alumni dapat terserap di DUDI Alumni mendapatkan tempat bekerja pada DUDI Petugas pendaftar, data pendaftaran , DUDI tekait. Koord. BKK Koord. dan Pengurus BKK Menyesuaikan
4 Penempatan kerja Pengiriman canaker yang telah lolos seleksi ke lokasi DUDI Adanya data penempatan tamatan Surat tugas penempatan Kepala Sekolah & Koord. BKK Koord. dan Pengurus BKK Menyesuaikan
5 Pelatihan “Basic Mentality Learning” Pembekalan (kognitif dan afektif) untuk menyiapkan canaker menempuh proses rekruitment dan ketika bekerja pada DUDI Canaker mendapatkan pelatihan yang sesuai dengn kebutuhan DUDI Fasilitator, Materi pelatihan. Ruang pelaksanaan Kepala Sekolah & Waka KIPHUM Koord. dan Pengurus BKK Menyesuaikan
6 Pendataan Alumni yang sudah bekerja,wiurausaha,kuliah dan yg belum bekerja baik dalam negeri dan luar negeri Mengetahui Alumni yang memungkinkan Bekerja, Wirausaha, Kuliah dan belum bekerja Terkumpulnya data Alumni yang sudah bekerja, Kuliah, Wirausaha dan yang belum bekerja dengan bidang usaha dan kontak Alumni Blangko pendaftaran , Blangko biodata alumni Koord. BKK Koord. dan Pengurus BKK
7 Study banding ke perusahaan dalam dan luar negeri Pengiriman team BKK ke lokasi DUDI Team BKK mendapatkan informasi tentang tempat bekerja untuk alumni di DUDI  Instansi yang terkait / DUDI Waka KIPHUM & Koord. BKK Koord. dan Pengurus BKK
8 Pelatihan kerja di perusahaan dalam dan luar negeri Pengiriman canaker untuk mengikuti pelatihan  ke lokasi DUDI Alumni mendapatkan pelatihan kerja di DUDI Instansi yang terkait / DUDI Waka KIPHUM & Koord. BKK Koord. dan Pengurus BKK

 

  1. Evaluasi Program kerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 1 Gunungkencana Tahun pelajaran 2019 – 2021

 

NO NAMA KEGIATAN TERPENUHI TIDAK TERPENUHI KETERANGAN
1 Pendataan dunia usaha / dunia industri baik untuk penempatan kerja dalam negeri dan luar negeri      
2 Pendataan dan Pembuatan data base canaker tamatan TA 2019/2020      
3 Proses rekruitmen kerja      
4 Penempatan kerja      
5 Pelatihan “Basic Mentality Learning      
6 Pendataan Alumni yang sudah bekerja,wiurausaha,kuliah dan yg belum bekerja baik dalam negeri dan luar negeri      
  Study banding ke perusahaan dalam dan luar negeri      
  Pelatihan kerja perusahaan dalam dan luar negeri      

 

BAB IV

PENDANAAN

 

 

  1. Sumber Dana

Adapun sumber dana yang diperoleh olah SMK Negeri 1 Gunungkencana dalam mendirikan Bursa Kerja Khusus (BKK) dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

 

  1. Kebutuhan Pendanaan

Kebutuhan pendanaan dialokasikan untuk berlangsungnya Kegiatan Bursa Kerja Khusus :

  1. Sosialisasi ke para alumni SMK Negeri 1 Gunungkencana
  2. Melakukan proses negosiasi dengan DU/DI dan pemerintah sebagai mitra dalam penempatan siswa – siswi Prakerin dan Rekrutmen
  3. Menjalin kerjasama (MoU) dengan DU/DI
  4. Pelatihan dan Penempatan tamatan
  5. Membuat database penelusuran tamatan baik yang sudah bekerja maupun belum bekerja
  6. Membuat mading informasi lowongan kerja
  7. Monitoring dan Evaluasi kegiatan secara periodik

 

BAB V

PENUTUP

 

 

  1. Kesimpulan
  2. Bursa Kerja Khusus SMK Negeri 1 Gunungkencana berperan dalam mewujudkan visi dan misi sekolah dan BKK.
  3. Dengan struktur yang ada, diharapkan setiap kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik, lancar dan penuh tanggung jawab
  4. Tugas pokok dan fungsi masing-masing pengurus merupakan jabaran uraian tugas dan tanggung jawab sesuai dengan jabatan pengurus.
  5. Dengan tugas pokok dan fungsi setiap kegiatan dapat diadakan evaluasi, perbaikan dan pengembangan kegiatan berikutnya.

 

  1. Saran
  2. Program kerja yang disusun sebagai bentuk rencana kegiatan. Dengan perencanaan yang baik dan terprogram diharapkan setiap kegiatan akan berhasil dengan maksimal.
  3. Kepada semua pihak diharapkan dapat mendukung terlaksananya setiap kegiatan yang berkaitan dengan Bursa Kerja Khusus (BKK).